Pemetaan Ide dengan Pemikiran Visual

December 4, 2010 at 8:28 am Leave a comment

Menerapkan kemampuan mengajar yang telah dimiliki kadang masih belum tereksplor dengan baik saat mengajar. Entah kurang daya kreatifitas pada diri pendidik atau masih terpaku pada cara pembelajaran model lama yang monoton dan kurang diminati siswa.

Banyak pendakatan-pendekatan yang muncul dari ide-ide kreatif para pecinta pendidikan yang mempunyai harapan besar dapat membantu dengan pemikirannya tersebut.

Dapat menyajikan pembelajaran yang menyenangkan sekaligus dapat meningkatkan hasil belajar merupakan suatu hal yang diimpikan oleh para pendidik. Beberapa tahun terakhir Indonesia tengah membenahi pembelajaran dengan menggunakan PAIKEM yaitu pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.

Namun belum sepenuhnya dapat mengenai sasaran yaitu pendidikan dan proses pembelajaran guru pada khususnya. Masih kakunya pembelajaran yang diterapkan oleh para pendidik menambah beban koreksi untuk lebih kreatif. Hingga menuntut para guru memiliki ijasah S1 untuk mengembangkan ketrampilan dalam mengajar dan keluasan wawasan.

Kemampuan berkomunikasi dalam budaya apapun di dunia yang sekarang semakin visual ini. Mengharapkan para pendidik dapat mengembangkan model pembelajaran dengan menggabungkan semua gaya pembelajaran yang dapat diterapkan.

“Mindscape merupakan perwakilan visual ide dengan menggunakan gambar dan kata” (Nancy Margulies ; 2008 : 14). Dalam membantu siswa dan pendidik untuk belajar ketrampilan yang sesuai dengan kemajuan jaman. Mindscaping dapat diterapkan untuk memudahkan pembelajaran dengan menggabungkan semua gaya pembelajaran-auditory ketika orang lebih tertarik untuk mendengarkan, visual, kinestik, symbol dan menciptakan pola menghubungkannya.

Banyak guru yang menemukan ide bahwa pemetaan merupakan cara untuk menemukan dan menciptakan symbol. Dengan memetakan ide, siswa dapat membuat catatan presentasi, rangkuman materi pelajaran dan memudahkan untuk mengingat materi yang telah lama. Dengan midscaping dapat diciptakan proses belajar yang lebih menyenangkan dengan bantuan simbol-simbol.

Mindscape dalam bentuk lain lebih bebas atau ada pula yang tampak seperti diagram jaringan kalimat dengan tambahan symbol. Pemetaan diharapkan dapat membantu untuk membaca keseluruahan gambar dan juga aspek individual dan mendorong siswa berfikir tidak hanya dalam hal informasi yang mereka inginkan untuk dikomunikasikan, namun juga dalam hal hubungan diantara ide.

Metode ini dapat menggali gagasan, mengembangkan ide/ gagasan, melihat pola atau hubungan dari pemikiran, dan mengembangkan pemikiran yang kompleks untuk lebih mudah memahami bacaan juga memudahkan mengingat dan mempertahankan ingatan.

Para pendidik di harapkan dapat mengembangkan metode ini atau bahakn mengembangkan metode lain dengan kreatifitasnya. Dan dapat pula berinovasi untuk menemukan atau bahkan menciptakan metode yang tepat digunakan dalam pembelajaran.

Entry filed under: IDE & PEMIKIRAN. Tags: .

Terbang??? kenapa tidak? INFORMASI PENDAFTARAN BEASISWA PROGRAM SARJANA PENDIDIKAN (STRATA 1) TAHUN AKADEMIK 2010/2011 BEASISWA SAMPOERNA SCHOOL of EDUCATION

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



More clock widgets here

December 2010
M T W T F S S
    Feb »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Categories

Recent Posts


%d bloggers like this: